Cave Story PC Review


Opening
Kali ini gua mau review game Cave Story, game yang berjenis platform 2D side-scrolling ini membuat ketagihan saya sama halnya dengan review kemaren (Heroes of Umbra). Overall bagus loh, grafik nya pixel art, gameplay-nya juga seru, cerita nya duh deep dalem, kaya hati gue *eh. Lanjut, rilis nya sih udah lumayan jadul, udah rilis dari 2004, bayangin udah 10 tahun yang lalu bentar lagi 2015 sih, namun pembuatannya juga agak lama. Seperti yang dilansir oleh Ilmuan Wikipedia, game ini dikembangin kurang lebih 5 tahun. Cave Story atau juga Doukutsu Monogatari ini dibuat oleh Daisuke (Studio Pixel), sendiri loh, tapi dia juga dibantu developer Studio Pixel, Jepang. Selama 5 tahun dia membuat Cave Story selagi waktu santai, dari mulai cerita sampai musik (BGM) dia yang bikin.




Ini orangnya

Lanjut, pertama gua mau review gameplay-nya. Hei bagi kalian yang suka banget sama pixel art ini mahakarya yang cocok buat kamu *eh lebay, ya emang sih, gameplay nya nagih, 2D side-scrolling yang punya cerita asik itu udah gua sebut Mahakarya.

"Karena disebuah seni video game, yang terpenting adalah cerita" - Thisa Nabil

Di game ini kamu bisa naikkin level tapi juga bisa turun lagi, haha, asik sih, setiap kali hit kena serangan musuh, kamu ngurangin darah/HitPoint (HP) juga ngurangin experience (exp.) kamu. Iya sih, soalnya yang jadi exp. kamu disini itu senjata kamu sendiri. Setiap kali nyerang musuh dapet exp. yang bentuk segitiga imut gitu loh haha.

Gameplay #1

Gameplay #2

Lanjut ke cerita, nah ini sih sebenernya yang agak susah dijelasin, soalnya cerita nya juga agak panjang terus kompleks, tapi serius ceritanya bagus. Jadi gue jelasin cerita nya secara garis besar aja ya, bermula dari terdampar dan hilang ingatan karakter kita dituntut untuk menjelajahi gua yang terdapat di sebuah pulau kecil, Mimiga adalah makhluk hidup yang bentuk nya imut semua yang tinggal di pulau tersebut. Sue Sakamoto yang di incar The Doctor, dengan mengutus Misery, dan Balroc mereka mencari Sue namun salah tangkap, yang ditangkap malah Mimiga yang bernama Toroko...

Kalau pensaran bisa langsung main aja hehe, biar gak spoiler.

Game ini bisa dibilang sukses, dapet kritikan yang bagus pula. Karena itu, dibuatlah sequel/lanjutan nya, belum lagi bisa dimainin di berbagai macam OS, juga banyak versi yang lebih bagus daripada versi PC sendiri. Biar praktis.

Wikipedia

Bisa di PSP

Cerita lanjutan nya bisa main Cave Story+ yang dirilis pada tahun 2011, ada di Steam kok. Versi lainnya yang grafis nya lebih bagus itu Cave Story 3D.

Cave Story 3D - Wiiware
Yang mau main monggo visit website resmi nya untuk di download http://www.cavestory.org/download/cave-story.php

Pas mau download pilih yang Deluxe ajah (scroll kebawah dikit), biar se-paket terus udah gak ribet, udah di translate Inggris lagi, plus ada bonus yang bentuknya tips, artwork, dll. Gak berat ko, sekitar 2 Mb-an, kecil kan. Extract, install, click "Play Cave Story" di Start Menu (yang OS nya Windows), main deh. Have fun! FREE!

Contoh nya dapet artwork keren ini

Comments

Popular Posts